loading

Trend Teknik Online Marketing di Tahun 2016

1st July, 2016

Trend Teknik Online Marketing di Tahun 2016

Tahun 2014 sebentar lagi akan berakhir dengan segala tantangan dan keberhasilan yang sudah diraih. Selanjutnya, peluang dan kesempatan pun akan tiba dengan persoalan baru pastinya. Bagi pelaku usaha yang berbasis internet, sudah pasti akan lebih mempersiapkan diri dalam menyambut tahun yang baru termasuk menyikapi perkembangan teknologi yang diaplikasikan dalam strategi internet marketing. Untuk itu, sudah seharusnya sebagai pelaku usaha UKM mempelajari tren online marketing yang nantinya akan menjadi populer di tahun 2015.

Adapun tren teknik atau strategi dari online marketing yang wajib diketahui adalah

  1. Jangan Abaikan Media Sosial

Seperti di tahun 2013, 2014, 2015, media yang satu ini cukup memberi andil yang sangat besar bagi kemajuan usaha. Bahkan, diprediksi nantinya pengguna jejaring sosial akan terus bertambah dengan diiringi semakin banyaknya fitur yang bisa digunakan terutama dalam hal promosi. Sebut saja Facebook, dimana di bulan Juni lalu berhasil membukukan pendapatan yang meningkat sebesar 10% yang berasal dari fasilitas pemasangan iklan.

Artinya, layanan media sosial akan menjadi bagian penting dari pemasaran online yang mampu memberi dampak positif bagi pemilik usaha. Bahkan, pemain lama yang sudah memiliki brand terkenal pun turut memanfaatkan tawaran ini. Jadi, jangan sampai ketinggalan.

  1. Perangkat Mobile dengan Segudang Kelebihan

Sering mendengar peluncuran produk terbaru dari beberapa produsen smartphone? Yup, ini sangat berkaitan dengan bertambahnya fitur di setiap gadget dengan harapan akan memudahkan si pengguna untuk berkomunikasi. Tentu saja, bagi pelaku usaha fasilitas ini harus dimanfaatkan dalam hal promosi mengingat item yang satu ini menjadi barang yang selalu dibawa kemana pun pergi.

Bahkan, perusahaan besar seperti Google sudah menyediakan aplikasi yang sangat mobile friendly sehingga membuka peluang yang cukup besar dalam mendekatkan produk dengan konsumen.

  1. Manfaatkan Pemasaran via Email

Di Indonesia, pemasaran melalui email mencapai puncaknya selama beberapa tahun belakangan ini. Hal ini dikarenakan para pengguna internet lokal sangat sedikit meluangkan waktu untuk membaca surat elektronik yang masuk. Namun, berkat pengetahuan serta kesadaran dari masyarakat itu sendiri, pendekatan melalui email pun semakin menunjukkan efektifitas.

Fenomena ini terlihat dari banyaknya brand modern yang sudah menggunakan layanan ini sebagai sarana pemasaran yang sifatnya lebih personal. Tak sedikit aneka tampilan disuguhkan di sebuah email yang dikirim mulai dari gambar, file PDF hingga berbagai fitur lainnya yang tujuannya untuk memudahkan pembaca dalam mendapatkan informasi terbaru.

 

  1. Konten dan Konten

Bergerak di dunia online sudah pasti tidak bisa dipisahkan dari yang namanya konten. Meskipun gambar atau video sudah menunjukkan geliatnya, namun sebuah blog atau website resmi haruslah diisi dengan kalimat ‘menjual’ atau sales letter. Hanya saja, memvariasikan bentuk penyajian akan membuat pelanggan akan semakin menaruh kepercayaan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Sebut saja konten atau video visual yang dikemas dalam bentuk teknik marketing berbasis teknologi.

  1. SEO

Meski digempur dengan teknik pemasangan iklan berbayar, namun tidak mengurangi minat pelaku usaha online menggunakan strategi SEO. Malahan, tidak sedikit pemilik brand terkenal menggunakan fasilitas ini dengan cara melakukan promosi besar besaran. Mulai dari mempersiapkan kata kunci yang akan ditarget, meta description, baclink hingga hal yang sifatnya teknis. Kesemua ini akan memberi dampak yang memuaskan jika dilakukan dengan benar dan tepat.

Terakhir, jangan lupa jika internet dan berbagai fasilitas lainnya hanyalah sebuah alat karena yang terpenting disini adalah interaksi dengan konsumen. Pelajari lebih lanjut bagaimana pendekatan secara emosional seperti melayani keluhan atau kritikan yang diberikan oleh para konsumen.

Have Your Say