loading

Saatnya Produk Lokal Dilirik Dunia dengan Strategi Marketing Jitu

1st July, 2016

Saatnya Produk Lokal Dilirik Dunia dengan Strategi Marketing Jitu

Pemerintah, dalam hal ini melalui Departemen Perindustrian terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui produk lokal yang dihasilkan oleh masyarakat setempat. Salah satunya adalah mengenalkan pada dunia internasional akan kualitas dan model yang tidak kalah saing dengan produk luar. Tentu, usaha ini membutuhkan komitmen dan kerja sama antar pelaku usaha UKM itu sendiri mengingat daya saing yang demikian ketat untuk masuk pasar luar negeri.

Sebagai gambaran, pertumbuhan UKM di Indonesia semakin hari menunjukkan perkembangan yang sangat membanggakan. Aneka jenis produk baik diproduksi secara rumahan hingga industri kecil dan menengah lainnya sudah memiliki karakter dan keunggulan masing masing. Dengan begitu, peluang untuk dilirik oleh pasar internasional sangat terbuka lebar apalagi bila dibarengi dengan strategi marketing yang mumpuni.

Ya, agar produk lokal mampu diterima oleh pasar yang lebih luas, pastinya pelaku bisnis UKM sangat dituntut untuk lebih aktif dalam mencari informasi serta meningkatkan kemampuan diri baik dalam hal inovasi hingga mengembangkan usaha. Diharapkan, dengan metode tersebut produk yang dihasilkan benar benar diterima dan berkualitas.

Kira kira, strategi marketing apa saja yang perlu dilakukan oleh pelaku UKM dalam mengenalkan produk unggulan mereka? Berikut beberapa informasi yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk mengangkat produk lokal ke manca negara.

# Perhatikan Kemasan

Meningkatkan nilai jual akan satu produk pasti tidak terlepas dari yang namanya kemasan. Untuk itu, kemaslah satu produk agar terlihat menarik dan cantik karena faktor ini menjadi daya jual yang pertama sekali dilihat oleh konsumen. Kemasan menarik dan terlihat berbeda akan memunculkan rasa penasaran yang akhirnya akan membuat pelanggan memutuskan untuk membeli.

Terkadang, produk yang tadinya terkesan biasa saja akan memiliki nilai jual eksklusif jika menggunakan kemasan yang terlihat elegan dan mewah. Untuk itu, pilihlah dengan tepat kemasan yang akan digunakan dan jangan lupa sertakan informasi penting tentang produk yang dijual.

# Manfaatkan Event Pameran

Setelah selesai dengan kemasan, langkah selanjutnya adalah memasarkannya melalui pasar modern. Salah satunya adalah melalui pameran yang diadakan oleh berbagai pihak baik swasta maupun Pemerintah. Tujuannya, agar konsumen diedukasi tentang produk yang ditawarkan sehingga membuka peluang untuk mendapatkan konsumen yang potensial. Bahkan, sistem kerja sama dalam waktu lama kerap dimulai dari pameran yang diadakan.

# Membuka Gerai Promosi Produk UKM

Pelaku usaha memahami bahwa promosi atau pemasaran merupakan nyawa dari kemajuan usaha. Itu sebabnya, membuka satu lokasi untuk dijadikan sebagai pusat penjualan produk lokal akan memberi peluang yang cukup besar. Saat ini, Pemerintah sudah menggalakkan pendirin UKM Mart diseluruh daerah dimana tempat ini dijadikan sebagai ajang untuk mengenalkan produk khas lokal. Dengan demikian, masyarakat atau calon konsumen semakin mudah mengenal ciri khas daerah yang bisa memberi keuntungan bagi siapa saja.

# Menciptakan Jaringan Pemasaran

Tumbuhnya berbagai gerai seperti pusat perbelanjaan hingga minimarket memberi kesempatan bagi produk lokal untuk mempromosikan produknya. Jalin kerja sama dengan pihak terkait dalam menawarkan berbagai sistem seperti jual putus, titip jual atau memberi label tertentu. Hanya saja, di beberapa gerai memberlakukan aturan tertentu terutama dalam menyeleksi kualitas, rasa, kemasan hingga ketersediaan stok sebelum membuat satu kontrak. Namun, ini bukanlah satu hal yang sulit mengingat pelaku UKM sudah memahami standar demikian.

Dan jangan lupa, memanfaatkan strategi marketing berbasis teknologi merupakan langkah yang tepat. Tidak sedikit kita mendengar kesuksesan pelaku UKM dalam meraih keuntungan yang cukup besar hanya menggunakan media online. Tak mau ketinggalan bukan?

Have Your Say