loading

Rahasia Jitu Merebut Hati Konsumen E-Commerce

1st July, 2016

Rahasia Jitu Merebut Hati Konsumen E-Commerce

Tidak sedikit seminar atau workshop yang diadakan oleh berbagai praktisi di bidang pemasaran mengajarkan cara bagaimana meraih minat konsumen untuk membeli melalui toko online yang Anda miliki. Untuk mendapatkan informasi tersebut, mereka rela mengeluarkan banyak dana yang cukup besar demi kemajuan usaha mengingat persaingan yang terus bertambah. Mereka menyadari, tanpa adanya pembelian jangan harap keuntungan bisa diraih.

Tidak dipungkiri memang jika konsumen lokal memiliki karakteristik sendiri yang berbeda dengan pelanggan di luar negeri. Untuk itulah, bagi mereka yang hendak terjun di bisnis lokal ada baiknya mempelajari kiat bagaimana memenangkan hati konsumen yang biasa dilakukan oleh e-commerce terkenal sekalipun.

# Jangan Ragu Memberi Kupon

Faktanya, konsumen lokal sangat berorintesi pada diskon atau potongan harga. Tentu saja, tawaran menarik ini layak untuk digunakan terutama bagi pelanggan setia. Berilah potongan harga yang menggiurkan namun tetap mempertimbangkan perputaran kas. Dipastikan, mereka akan menyerbu toko online Anda.

Memanfaatkan momen tertentu dalam pemberian diskon juga langkah yang tepat seperti Lebaran, Natal hingga Tahun Baru. Hal ini tidak terlepas dari pemikiran konsumen tentang potongan harga yang selalu mereka terima saat berbelanja.

# Gunakan Sistem COD

Tak seperti konsumen di beberapa negara luar, banyak sekali pelanggan lokal yang skeptis atau curiga jika berbelanja di media online. Itu sebabnya mereka enggan melakukan transaksi jika barang atau produk yang dipesan tidak dilihat secara langsung. Untuk menyiasatinya, memberi layanan COD adalah solusi yang tepat dan banyak disukai oleh konsumen.

COD atau Cash on Delivery bisa diberlakukan menurut daerah yang dijangkau dalam hal pengiriman dan tidak mengeluarkan biaya lebih untuk melakukannya. Akan lain halnya jika berada di daerah yang cukup jauh dari kantor operasional mengingat biaya yang dibutuhkan juga cukup mahal serta resiko ditolak konsumen jika barang yang dipesan ternyata cacat atau rusak.

# Gunakan Testimoni

Testimoni jujur dari pelanggan yang pernah melakukan transaksi dengan toko online Anda akan menambah rasa percaya bagi konsumen baru. Untuk itu, selalu update informasi terbaru mengenai testimoni baik yang merasa kecewa karena pengiriman yang lama hingga kepuasan konsumen. Karena yang terpenting disini adalah kejujuran atas layanan yang diberikan sepanjang kesalahan bukan terletak pada si pemilik toko online itu sendiri.

 

# Biasakan Proaktif

Sikap proaktif dibutuhkan jika hendak menjadi penjual di toko online. Terkadang, calon pembeli yang sudah bertanya atau hendak memesan tidak melakukan pembayaran sehingga ada baiknya dihubungi melalui telepon. Dengan demikian, mereka merasa diperhatikan dan tidak menutup kemungkinan untuk melunasi pembayaran.

# Menjual Tanpa Terlihat Seperti Menjual

Bingung? Banyak pendapat yang mengatakan jika ingin meraih keuntungan dari sebuah produk atau jasa berhubungan erat dengan dari barang yang akan ditawarkan. Padahal, tak sedikit yang mengatakan bahwa hal yang utama adalah membangun hubungan kepercayaan. Artinya, pemilik toko berusaha untuk menemukan kesamaan dengan calon konsumen yang dibentuk melalui pembicaraan yang hangat namun tidak berdiskusi soal produk itu sendiri.

Kecenderungan konsumen yang enggan atau tidak tertarik terhadap fitur dan manfaat dari produk yang ditawarkan menjadi alasan mengapa pentingnya menciptakan komunikasi yang saling berinteraksi.  Memang, dibutuhkan waktu dan disiplin untuk membiasakan kemampuan ini namun jika dilakukan dengan senang hati tanpa paksaan, bukan tidak mungkin penjualan akan meningkat.

Dengan paparan diatas menggambarkan bahwa peningkatan penjualan tidak hanya terletak pada mutu produk yang ditawarkan saja, namun berbagai segi aspek eksternal menjadi kontribusi yang tidak bisa diabaikan.

Have Your Say